Monday, June 11, 2012

2 Trik Ampuh Cegah Makan Berlebih

10:00 AM

Sering tidak Anda mengalami hilang kesadaran saat mengonsumsi makanan? Hilang kesadaran di sini adalah tak sadar bahwa Anda telah memasukkan banyak kalori ke dalam tubuh. Misalnya saja saat asik menikmati sebuah film, biasanya seseorang tidak akan sadar bahwa dirinya terus mengunyah makanan hingga film tersebut habis. Yang membuat kita semua cemas, makan berlebih tidak hanya terjadi pada saat 'tak sadar' karena bisa terjadi saat Anda fokus pada hidangan yang akan Anda konsumsi. Jika dibiarkan, maka berat badan, lingkar tubuh dan berat badan Anda dalam bahaya.
Jika Anda sering mengalami hal serupa, hasil penelitian dari para ilmuwan di Belanda bisa menjadi jawaban atas permasalahan ini. Penelitian mereka yang dilansir oleh GeniusBeauty dan dipublikasikan dalam Flavour Journal menunjukkan bahwa aroma makanan dan tekstur makanan akan menjadi penentu sebanyak apa seseorang akan memakannya.
1. Banyak Kunyahan
Trik ini sudah banyak diketahui banyak orang. Biasanya, mereka yang sedang dalam tahap menurunkan berat badan akan memilih makanan dengan tekstur yang lebih sulit untuk dikunyah, misalnya makanan yang banyak mengandung serat seperti gandum, sayur dan buah. Penelitian ini membuktikan bahwa semakin lama waktu yang dipakai seseorang untuk mengunyah makanan, maka orang tersebut cenderung makan lebih sedikit dan lebih mudah mengontrol banyaknya makanan yang dikonsumsi. Keuntungan lain, mengunyah makanan dengan tekstur yang sedikit sulit akan membuat seseorang kenyang lebih lama.
2. Jadikan Makanan Anda Beraroma
Berbeda dengan anggapan orang selama ini bahwa aroma makanan dapat membuat nafsu makan seseorang melonjak, penelitian menunjukkan bahwa aroma makanan justru dapat mengontrol nafsu makan seseorang. Para peneliti dari Belanda melakukan percobaan pada kelompok relawan yang diberi makanan penutup yang sama, tetapi dengan ketajaman aroma yang berbeda. Para relawan yang menikmati makanan penutup yang lebih wangi ternyata makan lebih sedikit.
Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa memberi aroma lebih tajam pada makanan bisa mengurangi konsumsi hingga 5 - 10 persen. Mengapa trik ini akan berhasil? Karena mengonsumsi makanan yang kurang memiliki aroma akan membuat seseorang merasa belum cukup dan kemungkinan besar akan menambah jumlah makanan yang akan dikonsumsi.
Nah, dua trik ini bisa Anda coba untuk menjaga berat badan dan menjaganya dalam jangka waktu yang lama.

Salam BLOGGER..............,

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 ARTIKEL TER UP TO DATE . All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top