Monday, May 21, 2012

Makanan Kemasan, Low Sodium Atau Reduced Sodium?

10:00 AM

Kandungan garam dalam makanan bukanlah masalah sepele. Pada orang-orang yang memiliki kecenderungan mengalami tekanan darah tinggi, kadar garam atau sodium harus diperhatikan benar. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan hipertensi yang berujung pada banyak gangguan dari sekedar pusing yang mengganggu hingga stroke. Parahnya lagi, stroke bisa terjadi di organ-organ penting tubuh, mengakibatkan fungsinya terganggu bahkan hilang.
Untuk memastikan asupan sodium Anda aman ternyata tidak cukup hanya mengurangi pemakaian garam di masakan. Penting untuk mengetahui kadar sodium pada produk-produk makanan jadi yang Anda beli. Saat ini kadar sodium telah dicantumkan di banyak kemasan makanan. Selain jumlahnya, ada juga label-label petunjuk yang seringkali malah membingungkan. Contohnya, low sodium dan very low-sodium, seberapa rendahkah sodium di dalam makanan itu?
Makanan yang tidak asin, belum tentu tidak mengandung sodium. Makanan manis pun bisa mengandung garam juga. Untuk itu, pelajari penulisan label sodium berikut ini.
Sodium-free
Bukan berarti tidak ada sama sekali sodium di makanan tersebut, tapi kurang dari 5 miligram sodium per takaran saji.
Very low-sodium
Ini pula, kadarnya tidak sekecil yang Anda bayangkan, tapi 35 miligram atau sedikit kurang per takaran saji.
Low-sodium
Kurang dari 140 mg per takaran saji.
Reduced sodium
Hati-hati dengan label ini, karena 'reduced' atau 'mengurangi' bukan berarti makanan ini memiliki kandungan sodium yang aman. Makanan dengan label ini berarti level sodiumnya dikurangi sekitar 25% dari kadar sodium pada produk sejenis.
Unsalted, no salt added atau without added salt



Dibuat tanpa penambahan garam, namun masih mengandung garam yang berasal dari bahan makanan itu sendiri. Jadi jangan mengira makanan berlabel no salt added adalah bebas garam sama sekali.

Salam BLOGGER..............,

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

2 comments:

 

© 2013 ARTIKEL TER UP TO DATE . All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top