Monday, May 21, 2012

Cara Jitu Cegah Kanker Serviks

10:00 AM


Kanker serviks atau kanker leher/mulut rahim merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak dialami kaum wanita. Di Indonesia, diperkirakan ada satu wanita meninggal setiap jamnya akibat terkena kanker serviks.
Data WHO pun menyebutkan bahwa jumlah penderita kanker serviks di Indonesia adalah yang terbesar di dunia.

Setiap tahun, terdeteksi lebih dari 15 ribu kanker serviks di Indonesia dengan sekitar 8.000 kasus di antaranya berakhir dengan kematian.

Disebut kanker leher rahim karena kanker terjadi di bagian leher rahim antara vagina dan rahim perempuan. Penyebab kanker serviks adalah virus HPV (human papillomavirus) atau virus papiloma manusia.

HPV menimbulkan kutil pada pria maupun wanita, termasuk kutil pada bagian kelamin, yang disebut kondiloma akuminatum. Dari ratusan jenis HPV, hanya beberapa saja yang bisa menyebabkan kanker.

Lalu apakah kanker serviks ini bisa dicegah?

Seorang Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Dr Indrawati Dardiri Sp OG mengatakan bahwa penyakit kanker serviks bisa dicegah sejak dini dengan melakukan berbagai upaya pencegahan.

"Salah satunya adalah tidak berhubungan seksual dengan pria yang sering berganti-ganti pasangan," kata Dr Indrawati Dardiri Sp OG, di Jakarta, Sabtu.

Cara kedua adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual pada usia dini.

Bila sudah menikah atau aktif secara seksual, perempuan wajib memelihara kesehatan tubuh, rutin melakukan pap smear, dan berhenti merokok, katanya.

Hal lain yang bisa dilakukan, masih kata dia, adalah memperbanyak konsumsi sayuran yang berwarna hijau tua dan kuning karena jenis makanan ini banyak mengandung beta karoten, vitamin C, serta E yang ampuh menangkal kanker.
Salam BLOGGER..............,

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 ARTIKEL TER UP TO DATE . All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top