Monday, May 21, 2012

Jauhkan Gigi Anda dari Minuman Berenergi!

10:00 AM

Jika Anda tak ingin membayar lebih untuk memperbaiki kerusakan gigi, maka ada baiknya Anda mulai menjauhkan minuman berenergi dari gigi Anda. Dilansir oleh newsmaxhealth, sebuah penelitian yang dituangkan dalam General Dentistry bulan Mei - Juni mencatat bahwa peningkatan konsumsi gula dan minuman berenergi (energy drinks) dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gigi, khususnya pada email gigi atau lapisan luar yang memberikan kesan berkilau pada gigi.

Dalam minuman berenergi, selain kadar gula yang tinggi, tingkat keasaman yang juga tinggi menjadi perpaduan yang menyebabkan erosi/pengikisan pada email gigi. Jika dibayangkan, seperti jika Anda memandikan gigi dengan cairan asam. Apa bahanyanya jika email gigi rusak? Tanpa perlindungan email gigi, maka gigi akan menjadi sensitif dan rentan terhadap lubang gigi dan cenderung mudah membusuk.

Dalam penelitian tersebut, peneliti memeriksa 13 minuman olahraga (sport drinks) dan 9 minuman berenergi. Sampel email gigi manusia direndam dalam minuman tersebut selama 15 menit, diikuti dengan perendaman pada saliva buatan selama dua jam. Hal tersebut diulang selama lima hari. Dan pada hari terakhir diketahui bahwa kerusakan enamel gigi dua kali lebih parah terjadi pada email gigi yang direndam dalam minuman berenergi.

Temuan ini sebenarnya bukan yang pertama kali dilakukan. Pada tahun 2009, para peneliti dari Universitas New York mendapat hasil yang sama pada minuman olahraga yang dapat mengikis enamel gigi.

Cara Menghindari Kerusakan Gigi

Bagaimana cara untuk menghindari kerusakan gigi yang disebabkan minuman berenergi atau minuman olahraga? Sekalipun dalam penelitian ini disebutkan bahwa yang paling sering mengalami kerusakan gigi akibat minuman berenergi dan minuman olahraga adalah remaja, semua orang sudah sepatutnya menjaga kondisi dan kesehatan gigi.

Untuk menjaga mahkota gigi Anda tetap bersih, berkilau dan sehat, para peneliti merekomendasikan Anda untuk meminimalkan konsumsi minuman olahraga atau minuman berenergi. Kalaupun Anda terpaksa mengonsumsi minuman tersebut, tunggu satu jam setelah Anda mengonsumsinya, baru sikat gigi Anda, karena jika Anda langsung menyikat gigi, asam yang masih tersisa akan menyebar ke seluruh permukaan gigi dan meningkatkan pengikisan.

Jika Anda dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk menyikat gigi, mengunyah permen karet bebas gula juga akan membantu menurunkan kadar asam dan gula dalam mulut, Anda juga bisa membilas mulut dengan air bersih sehingga kadar keasaman di dalam mulut dapat kembali normal.

Salam BLOGGER..............,

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 ARTIKEL TER UP TO DATE . All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top