Monday, June 18, 2012

Manfaat di Balik Warna Sayuran Dan Buah-buahan

10:00 AM

Sayuran dan buah-buahan adalah bagian penting dari menu sehat kita. Sayuran dan buah-buahan mengandung antioksidan, mineral, dan fitokimia yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menjaga kestabilan kadar gula darah, dan sebagai sumber energi.
Buah dan sayuran memiliki warna tertentu yang secara unik bermanfaat untuk membangun sistem kekebalan tubuh dengan caranya sendiri. Semakin banyak variasi warna buah dan sayuran yang Anda makan, maka semakin banyak asupan fitokimia dalam diet harian Anda.
Untuk mengetahui lebih jauh tentang manfaat dari warna buah dan sayuran tertentu, berikut penjelasannya:
  1. Warna HijauContohnya: brokoli, kale, daun selada, dan bayam.
    Makanan hijau sangat baik untuk sistem peredaran darah karena mengandung mineral dan vitamin B kompleks. Beberapa jenis fitokimia dalam makanan hijau seperti sulforaphane dan indoles merupakan senyawa anti kanker yang kuat.
  2. Warna MerahContohnya: tomat, semangka, dan kubis merah.
    Makanan berwarna merah mengandung banyak fitokimia yang berguna untuk mengurangi dampak kerusakan tubuh akibat radikal bebas. Fitokimia yang disebut lycopene merupakan sumber warna yang bermanfaat untuk mencegah masalah prostat, dan mengurangi efek kerusakan kulit akibat sinar matahari.
  3. Warna OranyeContohnya: wortel, jeruk, labu, ubi jalar, aprikot, dan melon.
    Makanan berwarna oranye memiliki karotenoid yang membantu memperbaiki DNA untuk mencegah kanker. Wortel dan jeruk sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan mata. Makanan berwarna oranye membantu tubuh mendapatkan vitamin A.
  4. Warna Hijau/KuningContohnya: jagung kuning, kacang hijau, alpukat, dan melon.
    Kombinasi makanan berwarna hijau dan kuning mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin yang membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.
  5. Warna Oranye/KuningContohnya: jeruk, nanas, jeruk, peach, dan pepaya.
    Makanan berwarna oranye dan kuning mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, makanan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan selaput lendir, jaringan ikat, dan juga mencegah penyakit jantung dengan meningkatkan sirkulasi darah sekaligus mencegah peradangan.
  6. Warna Putih/HijauContohnya: bawang merah, bawang putih, seledri, pir, kubis, dan daun bawang.
    Makanan yang memiliki kombinasi warna putih hijau mengandung berbagai fitokimia. Bawang putih dan merah mengandung allicin, anti-virus, anti-bakteri, dan anti-jamur. Masukkan bawang putih dan bawang bombay dalam makanan untuk mengurangi efek buruk dari daging berlemak. Sedangkan seledri berguna untuk kesehatan sendi.
  7. Warna Merah/Biru/UnguContohnya: apel merah, blueberry, strawberry, cranberry, plum, dan anggur.
    Makanan berwarna gelap ini merupakan sumber antioksidan kuat yang disebut antosianin yang melindungi kita dari penyakit jantung dengan meningkatkan sirkulasi dan mencegah pembekuan darah.
Nah, sekarang cobalah Anda periksa lemari es dan keluarkan semua buah dan sayuran di dalamnya. Anda bisa segera memotong-motongnya dan menjadikannya salad. Semakin berwarna makanan Anda, semakin banyak manfaat kesehatan yang Anda dapatkan. (ds/miw)
Source: http://duniafitnes.com

Salam BLOGGER..............,

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 ARTIKEL TER UP TO DATE . All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top