Monday, February 27, 2012

Yoga untuk Ibu Hamil

9:00 AM


21/02/2012 | Baca : 103 | Komentar : 0 Yoga merupakan olahraga yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi, dimana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan. Tidak seperti olahraga lainnya, yoga tidak membahayakan tubuh atau menyebabkan sakit setelah melakukannya. Untuk itu yoga sangat baik utnuk wanita yang sedang hamil. Dalam pengaruhnya pada wanita hamil adalah meningkatkan energi ibu hamil, menghilangkan rasa sakit dan mual yang berhubungan dengan kehamilan sehingga merasa tetap fit selama kehamilan. Sedangkan teknik pernapasan dan meditasi yang digunakan dalam Yoga dapat bermanfaat pada saat persalinan nanti.

Gerakan yoga untuk ibu hamil dapat dilakukan dengan intruksi dari video atau langsung dari pelatih.

Ada beberapa pose yang dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada tubuh bagian bawah, dan membantu memperbaiki postur tubuh. Postur khusus, seperti berjongkok, dapat membantu mempersiapkan tubuh untuk melahirkan. Saat kehamilan sedang berlangsung, sendi ibu hamil akan mengendurkan (beberapa wanita bahkan memerlukan ukuran sepatu yang lebih besar), Tapi Yoga memungkinkan penguatan dan fleksibilitas sendi itu. Oksigen napas Ibu hamil dibagi untuk bayi. Juga, bayi dapat merasakan emosi yang sama dengan yang dirasakan oleh ibu. Seorang anak belajar banyak hal di dalam rahim yang tidak akan akan dipelajarinya di bumi.

Tanpa memperdulikan jenis yoga yang dilakukan, olahraga ini ternyata memberikan manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan fisik maupun mental. Berikut beberapa manfaat yoga bagi kesehatan yang telah diteliti oleh para ahli:

Meningkatkan suasana hati atau mood dan memperbaiki kualitas tidur.
Kemampuan mengelola stress lebih baik.
Menurunkan denyut jantung dan tekanan darah serta memperbaiki fungsi paru paru.
Otot otot lebih rileks dan lebih sehat.
Mampu mencegah terjadinya beberapa masalah mental seperti depresi dan kecemasan.
Kelenturan dan kekuatan tubuh lebih baik serta secara umum tubuh tampak lebih fit.
Memiliki efek positif secara kimiawi pada otak dan darah.


sumber : http://www.info-sehat.com


Salam BLOGGER..............,

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 ARTIKEL TER UP TO DATE . All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top